5 Fakta Menarik Tentang Ambulans

Tidak Melulu Horor, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Ambulans yang Jarang Kita Ketahui

Ambulans...

Mendengar suaranya, mungkin sebagian dari kita akan merasa seram, tegang, atau tidak enak, karena di dalamnya ada orang sakit, terluka parah, hingga yang sudah meninggal. Padahal, kalau dipikir-pikir, bukankah ambulans itu adalah kendaraan paling mulia di muka bumi ini? Sudah berapa banyak jiwa yang tertolong berkat kedatangannya?

Nah, tidak melulu harus menyeramkan, sebenarnya banyak fakta menarik seputar ambulans yang jarang kita ketahui. Apa saja?

Yuk kita simak!

1. Tidak Hanya Berbentuk Mobil, Bahkan Ada yang Berbentuk Sepeda

Kalau Anda bukan bergerak di bidang medis, mungkin di bayangan Anda ambulans itu bentuknya ya mobil van kotak warna putih. Padahal, hampir segala jenis alat transportasi selain mobil pernah dan masih digunakan sebagai ambulans.

Dulu, saat transportasi belum modern, alat yang digunakan adalah gerobak dan kereta kuda. Di jaman modern sekarang, transportasi yang digunakan adalah truk, bus, kereta api, motor, helikopter, pesawat, hingga sepeda.


Di negara-negara tertinggal di Afrika, penggunaan sepeda sebagai ambulans masih lazim ditemui karena minimnya transportasi mobil yang memadai untuk menuju fasilitas kesehatan terdekat.

 


2. Dulu Mobil Jenazah Juga Merangkap Sebagai Ambulans

Di kota besar seperti Jakarta, bentuk mobil jenazah dan mobil ambulans memang mirip: mobil van, warna dominan putih, dan pakai sirine. Bentuknya saja yang mirip, tapi isi di dalamnya dan fungsinya jelas berbeda.

Tetapi tahukah Anda, dulu di Amerika Serikat sebelum tahun 1970-an mobil jenazah juga merangkap sebagai ambulans sekaligus. Dikutipi dari Bowling Green Daily News, pemilik J.C. Kirby & Son Funeral Chapels Kevin Kirby, hal ini dikarenakan mobil jenazah memiliki ruang belakang yang masih cukup untuk menampung tandu, sehingga bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai ambulans.

3. Lampu-nya yang Membuat Orang Minggir, Bukan Suaranya.

Saat ambulans menerjang jalan raya sambil mengeluarkan bunyi meraung-raung yang begitu keras, mungkin Anda berpikir suaranya yang membuat pengemudi lain minggir.

Tetapi, menurut studi dari Hills BL: Vision, visibility, and perception in driving, lebih dari 90% pengemudi merespon kejadian di jalan raya berdasarkan visual (penglihatan), yang berarti mereka lebih merespon lampu ambulans ketimbang suaranya.

4. Ada Banyak Teknologi Canggih di Dalamnya

Dari luar mungkin mobil ambulans terlihat kaku dan kotak, tidak seperti mobil sport canggih yang Anda lihat di film-film bioskop, tetapi di dalamnya banyak terdapat peralatan canggih dan terkomputerisasi.

Sebut saja radio dua arah untuk terus berkomunikasi ke rumah sakit, mobile data terminal (MDT) yang terkoneksi langsung dengan komputer pusat, kamera CCTV, perekam data, lift pengangkut tandu pasien, dan sebagainya.

Perlengkapan canggih ini diperlukan mengingat pada dasarnya mobil ambulans itu adalah perwakilan sementara sebuah rumah sakit. Tapi perlu dicatat, tidak semua ambulans dilengkapi teknologi tersebut, biasanya hanya mobil ambulans di negara-negara maju.

5. Di Beijing, Biaya Ambulans Di-charge Seperti Taxi

Jasa ambulans itu kebanyakan tidak gratis.

Di Beijing, RRC, biaya jasa ambulans untuk jarak perjalanan 80 km bisa mencapai 3,600 Yuan, atau sekitar $550. Hal ini benar-benar terjadi pada Februai 2016 silam, sehingga dikomplain keras oleh pihak keluarga pasien.

BBC melaporkan, tingginya biaya ambulans di Beijing akhirnya membuat pihak otoritas mengeluarkan kebijakan menggunakan sistem meteran, sama seperti taksi. Walaupun banyak warga yang menganggap itu ide yang bagus, tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa sistem meteran bisa diakali juga oleh supir ambulans yang tidak jujur.

6. Ada Phobia yang Takut Terhadap Suara Ambulans

Phobia ketinggian itu wajar. Phobia sendirian di sebuah ruangan juga wajar. Tapi kalau phobia suara sirine ambulans, masa sih ada?

Ya benar, ternyata ada sindrom ketakutan akan ambulans dan suara yang dikeluarkannya, yaitu phonophobia atau ligyrophobia. Kalau sudah melihat ambulans, pasti jantung langsung berdegup kencang, gelisah, malah ada yang bisa sampai pingsan kalau sudah parah. Salah satu artis di Indonesia yang tercatat memiliki phobia ini adalah Donita.

Jadi, setiap kali Anda melihat mobil ambulans di jalan yang sedang dalam keadaan gawat darurat, segera menepi dan berikan jalan, dan ingatlah bahwa di balik suaranya yang meraung-raung tersebut tersimpan berbagai keunikan yang dimilikinya. Terima kasih, ambulans!

Admin

2015-11-22 08:04:32